February 28, 2013

Belenggu (2013)


*No tagline*

Film thriller bersimbah darah karya Upi ini mungkin bisa mengobati rindu pada 'Rumah Dara' yang telah mengantarkan genre slasher ke level yang lebih tinggi. Belenggu sendiri bercerita tentang pembunuh keji yang berkeliaran di sebuah kota kecil. Penduduk di kota tersebut diliputi perasaan takut dan penuh kecurigaan. Elang (Abimana A.) adalah sosok sentral yang dihantui mimpi-mimpi tentang pembunuh berwujud kostum kelinci. Sementara tetangga Elang, Djenar (Laudya Cintya Bella) merasa bahwa suaminya punya keterkaitan dengan pembunuhan sebelumnya. Ceritanya sendiri sekilas cukup kokoh dengan pertanyaan-pertanyaan yang mebuat kita penasaran. Tokoh demi tokoh memiliki peran yang signifikan dalam berlangsungnya tiap adegan. 
Untuk posternya, Belenggu memiliki 3 versi. Dua versi teaser, serta satu poster final dengan darah berceceran kental. Menurut saya, sebuah film yang 'brutal' tidak harus diasosiasikan dengan visual yang seperti ini. Kesan yang muncul justru monoton, apalagi komposisinya tidak terkonsep dengan baik. Adegan Djenar yang ditampilkan juga tidak seperti kesakitan yang klimaks. Poster teaser-nya menurut saya lebih unik, segar, dan representatif.
Wajah kelinci yang tersenyum jahat merangkum keseluruhan maksud film. Meskipun, kelinci yang satu ini masih terlihat 'culun' dibandingkan serem. Hehe..

Postermeter: 5/10   

No comments:

Post a Comment