February 10, 2013

10 Poster Film Paling Romantis


Menyambut hari kasih sayang, rasanya produksi film tanah air juga turut melancarkan serangan tema-tema cinta. Untuk tahun ini, 'Rectoverso' dan 'Kata Hati' akan rilis bersamaan tepat pada tanggal 14 Pebruari nanti. Saya juga tidak mau kalah dengan suasana romantis dong. Kali ini saya sudah membuat daftar poster paling romantis sepanjang era perfilman modern. Definisi romantisme di sini adalah adanya interaksi kedua tokoh utama pada poster. Jadi, mohon maaf kepada 'Ada Apa Dengan Cinta?' yang harus tereliminasi dari daftar, mengingat penilaian ini berdasar struktur poster. Romantisme di sini juga bisa berupa gairah, sentuhan, atau bahkan metafora. Berikut 10 poster yang menurut saya layak disebut romantis.


01. CIN(T)A (2009)
Ide romantisme ini sangat segar karena menggunakan simbol smiley yang terletak di jari. Menggabungkan dua ikon yang tersenyum dan dihiasi senyuman dua tokoh utamanya membuat poster ini hidup.

02. PINTU TERLARANG (2009)
Romantisme itu bisa berwujud gairah, sesuatu yang mencitrakan nafsu yang terkoneksi antara dua tokoh utamanya. Poster ini sangat merepresentasikan hal tersebut. Bahkan
kontur retakpun menambah aksen yang bernilai pada poster ini.

03. SANG PENARI (2011)
Unsur klasik menjadi tema keseluruhan poster ini. Busana tradisional dan rambut cepol menjadi romantisme yang bersifat 'kekal'. Ditambah dengan sosok penari yang berada di tengah pasangan, tidak menghilangkan maksud judul film tersebut, meskipun yang ditonjolkan poster adalah kisah percintaan.

04. PUPUS (2011)
Permainan warna menjadi unsur yang sangat mempengaruhi romantismenya keadaan. Bahkan suasana pasar malam bisa seperti London Eye dengan langit yang cemerlang.

05. AYAT-AYAT CINTA (2008)
Poster versi ini sederhana namun mengungkap romantisme ala muslim. Penggunaan cadar dan posisi pandangan mata pasangan ini memberi isyarat tentang makna filmnya.

06. HABIBIE & AINUN (2012)
Pesta dansa! Mengingatkan kita pada poster-poster bertema Havana. Konsepnya sendiri memang sederhana, namun warna dan ekspresi pemainnya berkolaborasi penuh cinta.

07. RADIT & JANI (2008)
Meskipun ide poster tidak terlalu original, namun pasangan ini mampu menampilkan romantisme anak jalanan yang berandal dan melawan 'kenormaan'
dalam romansa yang wajar.

08. LANGIT KE 7 (2012)
Unsur trashing dalam poster memang bukan hal yang baru, namun komposisi sinar, gambar dan tata letaknya menjadi harmonis dalam suasana yang manis.

09. UNGU VIOLET (2005)
Penggabungan metafora antara biru dan merah yang akan menghasilkan warna ungu menjadi nilai lebih presentasi film ini pada poster. Bahwa romansa dua 
unsur yang berbeda inilah yang ingin ditampilkan.

10. ROMEO JULIET (2009)
Kisah cinta dengan latar dua budaya klub sepakbola yang bersitegang menjadi arena yang penuh warna untuk difilmkan. Posternyapun bertema pasangan berkaos beda kesebelasan.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment