January 9, 2013

10 Poster Film Terbaik 2012


Tahun 2012 telah ditutup dengan manis oleh maraknya pecinta film yang berbondong-bondong berebut kursi bioskop untuk film 5 cm serta Habibie & Ainun. Ini pertanda bahwa masih ada sinar cerah yang membiaskan aura positif pada perfilman nasional tahun ini. Tak ketinggalan, tahun lalu juga diramaikan oleh poster-poster menarik yang sayang jika terabaikan. Berikut 10 poster film terbaik versi Moviouzz.


10. #RepublikTwitter dengan konsep majalah dan setengah wajah pemain utamanya terbilang unik. Penggunaan hashtag sebagai judul juga membuat sinkronisasi terhadap keseluruhan tema media sosial yang diangkat. 9. Rumah Kentang hadir sebagai horor paling menjanjikan tahun kemarin. Desain posternyapun tergolong artistik dan misterius, membuat kita bertanya-tanya tentang bentuk sosok gaib yang akan muncul di film.


8. Perahu Kertas. Kemana kapal yang mereka tumpangi akan berlabuh? Tema posternya sederhana mengambil warna-warna yang ada pada desain novelnya. Meskipun demikian perahu yang benar-benar terbuat dari kertas merah tersebut semakin menambah kesatuan konsep. 7. Negeri 5 Menara berkisah tentang impian para siswa pesantren dalam mewujudkan cita-cita mereka. Impian dan langit adalah simbol yang tak akan terlepas. Nuansa yang dibangun dalam poster ini menunjukkan semangat mereka.


6. Postcards From The Zoo atau Kebun Binatang tampil dengan warna-warna mencolok, layaknya permen karet. Bercerita tentang jatuh cintanya seorang wanita kepada pria koboi yang ditemuinya di kebun binatang membuat hidupnya menghasilkan adegan-adegan yang tidak terduga dan 'kaya warna'. 5. Rayya, Cahaya Di Atas Cahaya mengingatkan kita dengan nuansa klasik. Mungkin lebih tepatnya ingin menggambarkan kesederhanaan fimnya sendiri. Bagaimana perjalanan diva dipotret dengan sudut pandang yang lebih membumi.


4. Modus Anomali berani lahir sebagai film thriller yang menampilkan wajah Rio Dewanto dalam kondisi yang tidak ganteng, atau mungkin sebagian tidak sadar itu adalah Rio apabila tidak ada namanya di poster. Posternya sendiri cukup tricky karena penempatan protagonis dan antagonis yang dirancang sedemikian rupa sehingga memberikan kejutan ketika menonton filmnya. 3. Sanubari Jakarta. Satu hal yang saya percaya pada poster film ini adalah sebuah visual sederhana tapi dengan ide yang brilian. Film omnibus tentang LGBT ini menempatkan tanda panah merah pada posternya yang menunjukkan kaum minoritas yang hadir di antara sekian banyaknya orang (di Jakarta), yang ingin mendapatkan ruang juga untuk setara.


2. Sinema Purnama memiliki konsep yang menunjukkan judul filmnya sendiri. Meskipun lukisan suasana purnama digambarkan sederhana, namun poster ini membawa jauh ke era-era nostalgia dimana menonton film ala layar tancap adalah sesuatu yang menyenangkan dahulu kala, tapi ironisnya kita tinggalkan. 1. Jakarta Hati menurut saya poster yang paling menarik sepanjang 2012. Film omnibus ini menceritakan luapan perasaan-perasaan yang ada di Ibukota. Desain posternya sendiri adalah konsep paper tole dengan latar gedung-gedung megah metropolitan beserta hiruk pikuk lalu-lintasnya, lalu ada cahaya yang membiaskan warna merah sehingga membentuk lambang cinta. Tagline di poster juga menjadi kata kunci yang akan menampar orang untuk penasaran, "Ini jantung Ibukota, di mana hatinya?". 

1 comment: